Bagikan:

HAK asasi manusia Indonesia seolah terabaikan. Itulah yang dapat kami simpulkan dari beberapa liputan majalah HIMMAH yang kami terbitkan ini. Jangankan untuk hal besar, perihal hak dasar seperti hidup pun seolah susah untuk diperjuangkan di Indonesia, nyawa murah. Hanya moral pelaku yang dapat menyelamatkan korban. Pesakitan tersingkirkan, mereka seolah bukan lagi warga Indonesia. Bagaimana kami harus menyikapi hal tersebut?

Sudah sepatutnya sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia tugas kami membantu menyampaikan umpan-balik kepada pembuat keputusan. Peran pers dalam negara Dunia Ketiga seperti Indonesia sudah sepantasnya punya nilai tawar lebih di mata pembuat kebijakan. Sebagai pengawal kebijakan, kami berusaha memperjuangkan keadilan, terutama bagi warga negara Indonesia yang susah dalam akses kuasa ataupun ekonomi.

Buku ini merupakan kumpulan reportase mendalam dari beberapa rubrik majalah yang diterbitkan oleh LPM Himmah. Tanpa direncanakan beberapa majalah terakhir konsen terhadap isu hak asasi manusia seba-
gai warga negara, hak yang sepatutnya dipenuhi negara. Dari permasalahan dasar seperti pendidikan, kesehatan, ketersediaan lapangan kerja, jaminan sosial, dan lain sebagainya yang “disediakan” pemerintah masih
perlu banyak perbaikan. Perbaikan di berbagai sektor lini sudah seharusnya diseriusi oleh pemerintah jika benar-benar ingin menaikan derajat hidup rakyatnya.

Dengan ini, semoga pembaca juga bisa ikut serta dalam perjuangan hak asasi manusia, utamanya hak dasar yang seharusnya diberikan negara. Karena kesehatan dan pendidikan adalah hak seluruh warga negara di indopahit ini.

LPM Himmah berharap dengan diterbitkannya buku ini, pembaca dapat lebih sadar bahwa perjuangan terhadap hak dasar manusia masih harus terus berlanjut dan dapat ikut serta mewujudkannya. Tentu, kritik dan saran senantiasa kami terima untuk perbaikan kedepannya. Dengan berdiskusi, berdialog, serta berkomitmen terhadap perjuangan hak asasi manusia, kami harap hak Manusia Indonesia dapat selalu dipenuhi negara.

Selamat membaca.

DOWNLOAD

Bagikan: