Ikuti Kami:

TENTANG KAMI

Lembaga Pers Mahasiswa HIMMAH merupakan salah satu lembaga khusus di bawah naungan Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (KM UII). HIMMAH berdiri pada 11 Maret 1967 dengan nama awal Muhibbah. Pada tahun 1982, Muhibbah dibredel oleh rezim orde baru. Setelahnya Muhibbah berganti nama menjadi HIMMAH.

Kerangka gerakan HIMMAH adalah bangunan paradigmatik hasil proses dialektika yang menyandarkan diri pada nilai-nilai Islam, yaitu nilai-nilai universal yang membebaskan, menjadi pembebasan manusia. Islam sebagai agama yang tidak menempatkan ajaran an sich teks ajaran, melainkan teks sebagai manifestasi dari kekuatan yang serba Maha.

Pendekatan ke-Islaman yang diterapkan HIMMAH adalah model pendekatan Islam universal, dengan lebih menekankan pada inti sari ajaran Islam. Tidak terjebak ke dalam simbol-simbol ke-Islaman yang memandang Islam sebatas kulit luar, sebatas berbicara dalam dataran normatif, tanpa kedalaman esensi. Artinya HIMMAH tidak menempatkan dirinya seperti halnya produk jurnalistik keagamaan, tetapi sebagai produk jurnalistik sosial religius.

Adapun fungsi yang harus dimainkan HIMMAH adalah fungsi edukatif, kritikal, evaluatif, dengan framework yang mencerminkan nilai-nilai Islam sebagai agama kemanusiaan yaitu yang tinggi dan mutlak bagi kemanusiaan. Fungsi itu secara garis besar dapat disimpulkan sebagai amar ma’ruf nahi munkar. Inilah idealisme jurnalistik HIMMAH.


REDAKSI

Dewan Redaksi: Nurcholis Ainul R.T., Fahmi Ahmad B. Pemimpin Redaksi: Fatimah Intan Kurniasih Sekretaris Redaksi: Dian Indriyani, Novita Dwi K. Bendahara: Al-Aina Radiyah Redaktur Pelaksana: Adilia Tri H., Rabiatul Adawiyah Redaktur Foto: Danca Prima R. Redaktur Artistik: Tsania Faza Staf Redaksi: Dedy Tulus W., Nuraini Ika P., Retyan Sekar N., Regita Amelia C., A. Nur Al Farizi Rancang grafis: Didik Firmansyah, Herpan Sagita Fotografi: Wean Guspa U., RB Radix Sabili D.P., Puja Prakoso Penelitian dan pustaka: Fauzi Farid M., Eky Roza P., Fitri Sarita Perusahaan: Haninda Luthfiana U., Egi Andrea, Amalia Ratna P. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Nurcholis Ma’arif, Sirojul Khafid Jaringan kerja: Nalendra Ezra, Zikra Wahyudi